Estetika Batik Nasional

Estetika Batik NasionalBatik nasional indonesia telah menjadi perbincangan publik dunia. Bagaimana tidak? Batik tradisional yang unik ini ternyata mampu mengenalkan wajah indonesia sebagai penghasil budaya kesenian membatik yang majemuk dan khas. Bahkan saat ini baju batik indonesia termasuk baju paling banyak digunakan dan satu satunya busana yang mendapat penghargaan dari pemerintah dengan diberikannya satu hari sebagai hari batik nasional.

Batik Indonesia sudah diakui oleh negara melalui Badan Perserikatan Bangsa bangsa atau PBB sebagai satu warisan kebudayaan humanis kesenian dengan genre ethnic dan budaya non lisan. Makanya batik tidak bisa lagi diklaim oleh negara lain karena sandaran dan bukti orisinilitasnya sudah ada.

batik nasional

Pengertian Batik Nasional

Batik adalah kain yang bertulis gambar gambar motif dengan perpaduan warna yang khas. Biasanya motif motif ini ditulis dengan menggunakan tinta lilin yang ditahan oleh alat bernama canting. Alat canting ini berfungsi untuk menghindari tinta meluber supaya tidak merusak motif dari gambar gambar tersebut.

Batik Indonesia merupakan batik yang sulit dan pembuatannya cukup rumit. Karena hanya dengan berbekal garis dan titik titik yang bersambung, gambar batik harus menunjukkan cerita filosofis yang luar biasa. Maka dari itu dibutuhkan kreatifitas tinggi untuk bisa menghasilkan satu batik yang berkualitas. Untunglah Indonesia memang terkenal sebagai kreator batik elegan sehingga batik pun menjadi budaya nasional yang sukses menjadi komoditi ekspor negara.

Keunggulan Batik Nasional dan Sejarahnya

Sebagian besar negara di benua Asia memiliki batik. Seperti malaysia, Indonesia, Thailand dan singapura. Namun batik Indonesia merupakan satu satunya batik yang memiliki keunggulan lebih besar dibandingkan batik batik luar. Keunggulan keunggulan ini terdapat pada coraknya yang sangat banyak dan ekslusif serta kandungan filsafatnya yang luhur. Maka menjadi pantas kalau batik nasional menjadi satu karya seni adiluhung yang mempesona.

Selain itu, batik nasional termasuk batik classic yang sudah ada semenjak Indonesia masih berbentuk kerajaan. Di kala itu batik sudah dikembangkan oleh para keluarga raja. Namun, fungsinya masih sakral sehingga orang pribumi masih belum layak untuk menggunakannya. Namun, kini batik Nasional lebih sesuai dengan zaman, bahkan bermunculan batik batik modern yang tidak kalah berkelas.

Batik Modern Metamorfosis Batik Nasional Classic

Jika ada yang mengatakan batik nasional Indonesia tidak sesuai dengan peradaban dan ketinggalan jaman, maka anggapan tersebut sangat tidak tepat. Faktanya perkembangan batik saat ini begitu luar biasa. Bahkan batik yang dulunya bersifat lebih classic dan tradisionil, kini dibuat lebih kreatif dan lebih modern.

Adanya media online ikut menjadi pemicu munculnya kreatifitas pembatik untuk melakukan eksplorasi antara batik classic yang dipadukan dengan baju model kekinian. Hasilnya, batik tidak lagi seram menakutkan dan tidak hanya mengandung filosofi mistis dan spiritual tetapi sudah bisa cocok dengan keinginan para pemuda. Bahkan batik modern Indonesia mulai tenar hampir hampir menyamai ketenaran prestisius batik tradisional yang elegan.

Kini batik modern sudah banyak dijual. Terutama di jual melalui media online. Bahkan menurut para pedagangnya, bisnis dagang batik modern online memiliki keuntungan profit yang sangat progresif.

Mari Lestarikan Batik Nasional

Jika melihat euforia batik nasional, maka tentunya kita sebagai rakyatnya pasti ikut bangga. Maka dari itu kita harus menjaga batik nasional supaya keberadaannya tetap lestari. Salah satu alasan mengapa kita harus melestarikan batik adalah untuk memberikan satu bentuk penghargaan besar kepada nenek moyang bangsa yang telah menciptakan karya seni yang agung. Jika bukan kita yang mengapresiasi, lalu siapa lagi?

ini dia batik nasional Indonesia : https://tokobatik.id/

silahkan hubungi kami di :

WA : 087729928943
HP : 0819099601747
Pin BB : 5C559FB2, 5B87172B

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s